Senin, 02 April 2012

Livery Baru Desmosedici GP12

Inilah Livery Baru Desmosedici GP12, Rasa Italia!

13322377931362773361
Valentino Rossi dan Nicky Hayden di atas Desmosedici GP12 (dok.GPone.com)
Tanggal 19 Maret 2012 kemarin merupakan hari yang ditunggu oleh para penggila Ducati dan penggemar Valentino Rossi, betapa tidak, kemarin adalah hari diperkenalkannya livery baru Ducati Desmosedici GP12 yang akan di pakai di musim MotoGP 2012.
Berbeda dari yang sudah-sudah saat launching Ducati dilakukan di atas salju, kali ini launching dilakukan di “rumah” Ducati di Bologna Italia dan sebagai penghargaan Ducati kepada para pendukungnya, semua pendukung Ducati bisa melihat peluncuran itu secara live di facebook Tim Official. Acara dimulai pukul 13.00 waktu Italia atau jam 19.00 WIB.
Acara yang di pandu oleh host yang mirip dengan Matteo Guerinonni itu (tahu Matteo kan? Itu lho hostnya MotoGP di trans7), berlangsung cukup sederhana. Di acara tersebut General Manager Ducati Corse, Filipo Preziosi, menjelaskan bahwa kapasitas mesin Desmosedici GP12 adalah 1.000 cc sesuai aturan yang berlaku di MotoGP tahun ini.
Setelah Filipo Preziosi turun dari panggung giliran duo rider Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden yang dipanggil ke panggung. Momen ini sudah ditunggu oleh para penggila The Doctor. Maklum kangen berat sama Vale hihihih. Vale dan Nicky menjelaskan bahwa berdasar tes Sepang, Desmosedici GP12 telah mengalami banyak kemajuan. Banyak masalah di motor lama yang telah dapat ditangani. Meski belum bisa mengejar ketinggalan dari Yamaha namun paling tidak Desmosedici GP12 telah cukup stabil kali ini.
1332229609402003120
Desmosedici GP12 Valentino Rossi (dok.Motomatters.com)
Hal ini membuat duo Vale dan Nicky cukup percaya diri menghadapi tes di Jerez, Spanyol Jumat mendatang. Yap, Jumat 23 Maret 2012 adalah tes terakhir dari semua tes MotoGP. Di Jerez besok adalah saat di mana motor prototype tampil berhadapan dengan CRT. Bisa dinilai tuh sejauh apa performa CRT saat berhadapan dengan motor Prototype.
Lalu saat yang ditunggu pun tiba. Orang sudah lama penasaran dengan tampilan livery baru Ducati. Banyak yang menduga-duga seperti apa tampilannya apalagi kemarin Nicky Hayden melalui akun twitternya bilang bahwa tampilan livery Desmosedici GP12 akan mengejutkan banyak orang. Rasa penasaran itu hilang ketika tutup Desmosedici GP 12 dibuka. Tarrraaaaa…. Desmosedici GP12 tampil lebih berwarna.
Ada warna hijau di bagian depan dengan warna merah dan putih di samping kiri dan kanan. Warna merah dan putih memang trade mark Ducati. Bila sebelumnya warna merah mendominasi Desmosedici kali ini warna putih yang lebih banyak mengambil bagian.
Nomer motor Vale (46) seperti biasa berwarna kuning sementara nomer motor Nicky Hayden (69) berwarna putih. Warna hijau di bagian muka motor mengingatkan orang pada warna bendera Italia. Ya… Desmosedici GP12 kali ini sangat berbau Italia. Iyalah.. kan Ducati memang motor Italia.
13322296631273496176
Desmosedici GP12 punya Nicky Hayden (dok.Motomatters.com)
Secara keseluruhan livery baru ini terkesan fresh, karena kita terbiasa dengan livery merah putih kali ya. Selain terlihat gagah, motor ini juga terlihat cantik. Saya terlalu memuji Ducati? Memang… terus kenapa? Nggak suka? Halah.
Vale dan Nicky mengatakan mereka sangat menyukai livery baru ini seraya berharap livery ini akan membawa keberuntungan pada mereka di musim balap kali ini. Amiinnnnnn 46 kali ya Vale dan Nicky. Harapan terbaik untuk Ducati, semoga mereka sering meraih podium musim ini.
Dengan di launchingnya livery baru Ducati tinggal tim Yamaha yang belum memperkenalkan livery barunya. Katanya Yamaha baru akan me-launching licery barunya pada tanggal 22 Maret sebelum tes Jerez. Seperti apa tampilannya? Kita tunggu saja, saya menduga livery Yamaha juga akan lebih berwarna karena adanya sponsor yang baru. Ada warna orange di motornya menurut saya.
13322387281520023293
Saat peluncuran Desmosedici GP12 (dok.MotoGP-mania.com)
Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Desmosedici GP12 :
Engine: Liquid-cooled, 90 degree V4 four-stroke, desmodromic DOHC, four valves per cylinder Capacity: 1,000cc
Maximum power: More than 230hp
Maximum speed: In excess of 330 km/h (205 mph)
Transmission: Ducati Seamless Transmission (DST). Chain final drive
Carburation: Indirect Magneti Marelli electronic injection, four throttle bodies with injectors above butterfly valves Throttles operated by EVO TCF (Throttle Control & Feedback) system
Fuel: Shell Racing V-Power Lubricant: Shell Advance Ultra 4
Ignition: Magneti Marelli
Exhaust: Termignoni Final Drive: D.I.D Chain
Frame: Aluminium
Suspension: Öhlins inverted 48mm fork and Öhlins shock absorber, adjustable for preload, compression and rebound damping
Tyres: Bridgestone 16.5″ front and rear
Brakes: Brembo, two 320mm carbon front discs with four-piston callipers. Single stainless steel rear disc with two-piston calliper
Dry weight: 157 kg (346 lbs.)
13322298031410372129
Bagian belakang Desmosedici GP12 (dok.Motomatters.com)
Berikut sponsor yang mendukung tim Ducati :
OFFICIAL SPONSORS
Telecom Italia: Telephone, internet
Generali: Insurance, bank services, finance
AMG: High-performance automobiles
Enel: Electric and gas energy
Riello UPS: Uninterruptable power supplies
Diesel: Casual clothing, sportswear, accessories
Shell: Fuel, lubricants
Bridgestone: Tyres
OFFICIAL PARTNERS
Acer: Laptops, monitors
Bosch: Power tools
Guabello : Fabrics
Inver: Industrial paints
Lampo: Zippers
Puma: Team clothing
SanDisk: Flash memory and SSD technology devices
Tudor: Watches
TECHNICAL PARTNERS
Capit: Tyre warmers
CM Composit: Carbon fibre work
D.I.D: Chain
Fiamm: Auto and motorcycle batteries
Magneti Marelli: CPUs, data-acquisition systems
Mechanix: Technical work gloves
NGK: Spark plugs
SKF: Ball bearings
Termignoni: Exhaust systems
Usag: Tool cabinets
Sumber : Motomatters.com (kompasiana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar